AKIDAH

Rumah Kita Bukan di Dunia

Dunia begitu mempesona, menyihir mata, telinga, bahkan hati dan jiwa. Godaan harta, jabatan, juga rasa cinta, dapat menjatuhkan kita ke dalam jurang kebinasaan. Banyak yang mengejar harta, sampai lupa kepada Sang Pencipta. Tak sedikit yang mengejar jabatan, akhirnya masuk dalam perangkap setan. Dan, sudah tak terhitung, berapa jumlahnya orang yang binasa lantaran cinta yang berlebih terhadap manusia.

Pahamilah, dunia yang kita tinggali ini hanyalah tempat sementara. Kita hanya diberikan waktu yang sebentar hidup di dunia ini. Dunia yang kita tempati ini, layaknya tempat bercocok tanam. Kelak, kita sendiri yang akan memanen hasilnya di akhirat. Maka, perbaiki dan perbanyaklah amal kebajikkan. Semoga, kelak di hari akhir, kita termasuk orang yang beruntung.

Allah Ta’ala, berfirman:

وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ  ۖ وَلَلدَّارُ الْأَاخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ  ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Dan kehidupan dunia ini, hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?” (QS. Al-An’am 6: Ayat 32)

Kehidupan akhirat, tak satu pun manusia bisa mengelak darinya. Akhirat adalah kehidupan yang lebih kekal dan abadi. Maka kenapa kita tidak lebih serius dan sungguh-sungguh berusaha mencari jalan dan mengupayakan sebab untuk memiliki rumah di sana?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan kepada kita tentang sifat-sifat rumah di surga: “Bangunannya dari batu bata berupa perak dan emas, adukannya dari minyak wangi kesturi Al-Adzfar, kerikilnya dari mutiara dan permata, kerikilnya dari za’faron. Siapa yang memasukinya akan merasa nikmat dan tidak akan meninggalkannya, kekal tidak akan mati, pakaiannya tidak kotor dan senantiasa muda tidak akan tua.” (HR. Al-Tirmidzi & Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jami’: 3116)

Tentunya sudah menjadi keinginan bagi setiap orang untuk memiliki rumah yang indah, nyaman dan megah. Tapi untuk mewujudkannya adalah sangat sulit, karena harus bekerja keras siang dan malam agar dapat banyak uang untuk membangun rumah idaman tersebut. Karena tipe rumah yang indah, megah dan nyaman tentu harus mengeluarkan uang yang teramat besar, karena harganya sangat mahal. Rumah tersebut merupakan rumah di dunia, harus dibayar dengan mahal.

Lalu bagaimana dengan rumah di surga? apakah harganya juga mahal? Rumah di surga kelak jauh lebih baik ketimbang rumah di dunia, bahkan lebih indah dari sebuah istana.

Untuk membangun rumah di Surga ternyata tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, tapi ibadah yang ikhlas dan sesuai sunnah harus diperbanyak. Karena sudah menjadi suatu yang pasti bahwa setiap yang bernyawa pasti mati, dan cuma dua tempat pilihannya, surga atau neraka, itu pasti.

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close