#OTT RommyOPINI

Teman-teman Jokowi Dibidik KPK, Setelah Romi Siapa Menyusul?

Kualitas seseorang bisa dilihat dari siapa temannya. Karena itu orang tua dan para bijak bestari mengajarkan kepada kita untuk berhati-hati dalam memilih teman.

Tidak boleh sembarangan, asal bergaul. Siapa teman kita, seperti itulah kita. “Show me your friends, I’ll tell you, who you are.”

Pepatah itu juga berlaku bagi Presiden Jokowi menyusul operasi tangkap tangan (OTT) Ketua Umum PPP Romahurmuziy Jumat (15/3). Romi adalah pendukung utama dan teman dekat Jokowi.

Situs berita berbasis di Singapura The Straits Times bahkan menulis judul “Key Jokowi backer detained by Indonesia’s anti-graft agency.” Pendukung utama Jokowi ditangkap KPK.

Ya penilaian itu benar adanya. Dibandingkan ketua umum partai pendukung lainnya, secara kasat mata Romi paling dekat dengan Jokowi. Dia sering tampil dalam beberapa kegiatan dan bepergian bersama Jokowi.

Foto-foto dan video kebersamaan Romi dan Jokowi bertebaran di media sosial. Ada dua video yang sangat kontroversial dan paling banyak dibagikan.

Video pertama, saat Romi duduk di kursi depan mobil presiden sambil merekam Presiden Jokowi yang duduk di kursi belakang. Jokowi terlihat melempar-lemparkan bungkusan makanan kepada warga. Romi dan Jokowi terlihat tertawa-tawa.

Peristiwa itu diduga terjadi ketika Jokowi melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur (3/2/2018). Romi mengunggah video tersebut di akun twitternya.

Banyak yang mengecam sikap Jokowi. Perilakunya dinilai sangat primitif, merendahkan rakyat. Menikmati rakyat jelata berebut makanan yang dilemparkan seorang penguasa.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button