#Gaza Under AttackINTERNASIONAL

Israel Klaim Hancurkan Rumah Kepala Biro Politik Hamas di Jalur Gaza

Gaza (SI Online) – Serangan udara Zionis Israel pada Ahad, 16 Mei 2021 kemarin, diklaim telah menghancurkan rumah Kepala Biro Polirik Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar.

Namun militer Israel tidak mengungkapkan apakah Yahya Sinwar tewas dalam serangan itu.

“Di antara target yang diserang adalah kediaman Yahya Sinwar, Kepala Biro Politik Hamas di Gaza, serta saudara laki-lakinya, Muhammad Sinwar, Kepala Logistik dan Tenaga Kerja Hamas,” kata tentara Israel di video yang dikutip AFP.

Baca juga:

Video itu juga memperlihatkan gumpalan asap dan kerusakan parah. “Kedua kediaman itu berfungsi sebagai infrastruktur militer untuk organisasi teror Hamas,” tuduh tentara Israel.

Para saksi membenarkan kepada AFP bahwa rumah Sinwar telah diserang.

Yahya Sinwar yang merupakan mantan komandan sayap militer Hamas, lebih dari 20 tahun berada di penjara Israel sebelum dibebaskan pada 2011 sebagai bagian dari pertukaran tahanan. Ia pertama kali terpilih sebagai Kepala Sayap Politik Hamas di Gaza pada 2017, lalu terpilih lagi pada Maret.

Posisi itu membuatnya menjadi pemimpin de facto Hamas di Gaza, sedangkan pemimpin tertinggi Hamas tetap Ismail Haniyeh yang sekarang berada di Qatar.

Militer Israel melanjutkan, serangan mereka juga menargetkan sistem terowongan Hamas.

Pada Ahad pukul 07.00 waktu setempat, tentara Israel mengatakan bahwa milisi Palestina di Gaza telah menembakkan sekitar 2.900 roket ke arah Israel. Militer menuduh, 450 jatuh di dalam Gaza, sedangkan sistem pertahanan udara Iron Dome menghalau sekitar 1.150 roket. []

Artikel Terkait

Back to top button